Big Hit


Sudah menjadi hal yang lumrah bagi pria Korea untuk menjalani wajib militer. Kewajiban ini pun berlaku penuh tanpa pandang kasta, profesi maupun latar belakang perekonomian. Apabila sudah berusia 28 tahun, maka harus memenuhinya. 

Namun ada pengecualian untuk yang mereka yang bisa terbebas dari wajib militer di Korea Selatan. Satu di antaranya adalah atlet pemenang medali emas di ajang Olimpiade atau Asian Games. Namun, hingga tahun 2020 belum ada ketentuan pembebasan wajib militer bagi idol K-Pop berprestasi yang membanggakan negara di kancah dunia.

Sampai pada akhir 2020, Korea Selatan mengumumkan adanya 'BTS Law'. Lewat aturan baru tersebut, idol K-Pop pria yang menerima bintang kehormatan dari pemerintah atas kontribusi mereka di kancah domestik maupun global, bisa mengajukan penundaan wajib militer hingga maksimal berusia 30 tahun.

Mengenai adanya hal tersebut, BTS pun meresponnya dengan santai dalam interview khusus bersama Majalah Rolling Stone baru-baru ini.


Syarat Menunda Wajib Militer

Secara spesifik hanya idol K-Pop pria yang menerima rekomendasi Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata saja yang bisa memanfaatkan undang-undang yang mengatur penundaan wajib militer ini. 

"Artis populer yang direkomendasikan oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea Selatan atas jasa besar mereka dalam mengenalkan Korea baik secara nasional maupun di dunia internasional, sekarang bisa menunda wajib militer ini hingga batas usia maksimal 30 tahun," tulis penjelasan Rolling Stone tentang penundaan masa wajib militer yang diterima Jin BTS, karena sudah berusia 28 tahun.

Sebagai informasi, BTS menjadi satu-satunya idol K-Pop sekaligus penerima termuda bintang kehormatan dari Presiden Korea Selatan, yaitu Order of Cultural Merit, karena dianggap telah berkontribusi besar menyebarkan budaya dan bahasa Korea lewat karya-karya mereka.


Soompi


Tanggapan Santai Jin BTS

Jin BTS yang telah berusia 28 tahun pun kerap mendapatkan pertanyaan seputar wajib militer ini. Ditanya oleh Rolling Stone tentang masa penundaan 2 tahun yang diterimanya, Jin menanggapi dengan santai. 

"Aku mendapatkan pesan singkat dari negara semacam ini, 'kamu telah melakukan yang terbaik bagi negara, dan negara akan memberimu sedikit waktu untuk berkarya secara maksimal'," ungkap Jin BTS kepada Rolling Stone.


Kehormatan yang Harus Dipergunakan Secara Maksimal

Kesempatan itu pun dianggap Jin sebagai sebuah kehormatan yang diberikan oleh negara kepadanya dan BTS. Jin juga berencana memanfaatkan masa 2 tahun ini dengan segudang rencana besar bersama BTS, hingga masa wajib militer tersebut tiba. 

"Wajib militer adalah hal yang penting bagi negara kami. Jadi, sebelum masa itu tiba, aku akan bekerja sekuat yang aku bisa dan secara maksimal tentunya, sehingga benar-benar bisa membanggakan negara," ungkapnya.


Apakah BTS Akan Melakukan Wajib Militer Bersama?

Jin menilai jika para member sudah mampu membuat keputusan masing-masing akan hal ini secara mandiri, termasuk kapan dan bagaimana BTS akan melakukan wajib militer. 

"Aku tak pernah ragu pada member lainnya, karena mereka akan membuat keputusan terbaik. Ini bukan sesuatu yang harus saya beritahukan kepada mereka yang lebih muda. Semisal mereka melanjutan promosi dengan 6 member, tentu aku akan sedih, tetapi aku akan menonton mereka di internet dan terus menyemati mereka," pungkas Jin BTS. 


Bukan Sesuatu yang Harus Ditakuti

Senada dengan Jin, V pun menilai jika wajib militer bukan sesuatu yang harus ditakuti. Ia bahkan begitu percaya diri jika semuanya akan berjalan lancar. Sebab, V yakin jika ARMY, nama para penggemar BTS, akan tetap setia baik selama BTS menjalani wajib militer maupun sesudahnya. 

"Aku yakin semua akan berjalan lancar, sehingga kami bisa kembali melihat ARMY nanti. Baik tentang wajib militer atau apapun yang akan terjadi, kami memang belum diskusi spesifik, tapi aku sangat yakin semua akan berjalan sesuai rencana," ungkap V BTS.

Jimin pun juga mengungkap hal serupa. "Aku tak bisa membayangkan, apa jadinya aku tanpa BTS. Aku berpikir, aku akan semakin tua, ditumbuhi jenggot, dan ketika aku sudah sangat tua, aku tak lagi bisa menari, sehingga hanya akan duduk di atas panggung bersama member lainnya, dan bernyanyi bersama para fans. Ini akan menjadi sesuatu yang luar biasa. Jadi, selama masih ada waktu, aku akan melakukan sebaik yang aku bisa," ungkap Jimin kepada Rolling Stone.


Sumber Artikel