True Beauty terdiri dari enam belas episode. Dari ke-enam belas itu, kita akan rangkum menjadi empat bagian agar lebih efisien, yaitu bagian pertama (ep 1-4), bagian kedua (ep 5-8), bagian ketiga (ep 9-12) dan bagian terakhir (ep 13-16). Drama Korea yang diadaptasi dari komik The Secret of Angel ini dibintangi oleh Moon Ga Young, Cha Eun Woo dan Hwang In Yeop sudah tamat pada awal bulan ferbruari lalu. Berikut sinopsis true beauty episode 1-4 yang dikutip dari berbagai sumber.


Episode 1 - Perundungan Im Joo Kyeong

Konon menurut pepatah, menjadi cantik atau tampan itu memudahkan seseorang untuk hidup. Hal ini memang benar dirasakan oleh Im Joo Kyeong (Moon Ga Young). Ia memiliki wajah yang cupu dan tidak secantik perempuan lain di sekolahnya. Maka, memang sudah suratan takdir bahhwa Im Joo Kyeong dirundung teman-teman populer.

Ketika Joo Kyeong menyukai seorang laki-laki bernama Hwang Hyun Bin (Lee Tae Ri), ia harus menerima kenyataan bahwa laki tersebut sudah dihasut oleh teman-teman populernya. Mereka menghasut Hyun Bin dan menertawai Joo Kyeong ketika pernyataan cintanya ditolak oleh Hyun Bin. Joo Kyeong pun menangis di sekolah.

Sebenarnya, ia bukan anak yang menyedihkan, hanya saja ia tidak suka menggunakan produk kecantikan. Sebab, ia lebih menyukai membaca komik dan mendengarkan musik metal. Kegemarannya itu berbeda dengan teman-teman lain.

Di sekolah, ia menjadi sasaran empuk perundungan. Teman-teman populer itu suka menyuruhnya membeli makanan di kantin agar bisa mereka makan. Karena memiliki hati yang kecil, Joo Kyeong menuruti permintaan mereka dan berlari ke kantin. Saking sebalnya dirundung, Joo Kyeong sempat punya keinginan untuk bunuh diri.

Ia pergi ke atap sebuah gedung, ingin melompat ke bawah agar tidak lagi hidup di dunia ini. Namun, di tengah waktu ketika ia hendak lompat, ia melihat papan billboard ucapan selamat ulang tahun ke-18 untuk Yoon Se Yeon (Kang Chan Hee). Dari situ, ia mundur dan memutuskan untuk tidak bunuh diri. Sebab, apa yang terjadi pada Se Yeon sangatlah menyedihkan karena ia mati sebelum usia 18 tahun.

Belum sempat meloncat, ia ditolong oleh pemuda tampan bernama Lee Su Ho (Cha Eun Woo). Su Ho kaget melihat perempuan ada di atap dan sepertinya akan melompat. Mereka tidak sempat berkenalan dengan baik-baik karena kacamata Joo Kyeong hilang. Padahal, ia tidak bisa apa-apa jika tidak menggunakan kacamata.

Kehidupannya berubah tatkala ia pindah sekolah mengikuti kedua orangtuanya yang menjual apartemen di tengah kota untuk membayar hutang. Di sekolah baru, ia berusaha menutupi kulitnya yang penuh jerawat dengan make up dan riasan minimalis. Semua itu, ia pelajari dari internet dan dengan telaten mencobanya satu persatu.

Ia mencoba mencukur alisnya yang terlalu tebal, kemudian mengurangi penggunaan foundation untuk muka dan menambahkan sedikit bedak agar terlihat lebih cantik. Tak hanya itu, ia juga menggunakan lip tint agar bibirnya selalu merah dan menawan. Rambutnya yang biasa ia kuncir, kemudian ia gerai begitu saja.

Dari situ, hidup Joo Kyeong berubah. Ia tidak lagi jelek dan dirundung siswa. Justru, kehadirannya membuat siapapun senang karena ia cantik dan menawan. Nah, ternyata, Su Ho juga bersekolah di tempat yang sama dengan Joo Kyeong. Keduanya kembali bertemu. Namun, Joo Kyeong tidak menyadari hal itu sebab saat pertama bertemu dengannya, ia tidak menggunakan kacamata.

Su Ho sendiri adalah anak orang kaya yang dingin dan kasar. Ia banyak disukai perempuan namun tidak ada satupun yang dijadikan pacar. Joo Kyeong juga bertemu dengan Kang Soo Jin (Park Yoona), salah satu murid tercantik di sekolah itu. Awalnya ia berpikir dirinya akan dirundung, ternyata tidak juga. Justru Soo Jin, bersama dengan Choi Soo A (Kang Min Ah) bisa menjadi teman. Namun, apakah mereka benar-benar teman?

Di episode ini, penonton juga disuguhkan akting menawan dari Jang Hye Jin yang fenomenal berkat aktingnya di film pemenang Oscar 'Parasite'. Ia menjadi ibu dari Joo Kyeong, bernama Hong Hyun Sook.


Episode 2 - Joo Kyeong Bertemu Su Ho Lagi dan Kemunculan Seo Joon

Hubungan Im Joo Kyeong dan Lee Su Ho semakin berlanjut ke ranah yang lebih intens. Joo Kyeong ternyata memiliki hobi yang sama dengan Su Ho, yakni membaca komik di rental komik. Ketika Joo Kyeong hendak mengambil komik favoritnya di rak teratas, ia tidak sampai. Su Ho pun menggunakan kesempatan itu untik mengambil komik yang juga diincar Joo Kyeong.

Tidak disangka, keduanya justru jatuh karena Joo Kyeong melompat untuk mengambil komik dan kehilangan keseimbangan. Joo Kyeong pun menyerahkan komik itu kepada Su Ho. Sebisa mungkin ia membuat Su Ho tak mengenali mukanya yang tidak menggunakan riasan. Namun, pemilik rental komik meminta Joo Kyeong untuk memakan ramyeon buatannya karena ia ingin merayakan kembalinya Joo Kyeong ke rumah lama.

Di situ, Su Ho menemani dan memberikan komik ke Joo Kyeong. Ia ingin agar Joo Kyeong membacanya lebih dulu. Meski begitu, Joo Kyeong tidak nyaman dan tetap bersikeras agar Su Ho yang membacanya dulu. Joo Kyeong bergegas keluar dan berlari agar Su Ho tidak mengamatinya. Ia benar-benar tidak mau jika Su Ho mengerti bahwa dirinya adalah Joo Kyeong.

Di lain waktu, Joo Kyeong bertemu dengan Park Sae Mi, siswa yang dulu pernah merundungnya di sekolah lama. Sae Mi tidak mengenal Joo Kyeong karena ia menggunakan riasan. Ia pun memilih untuk menghindari Sae Mi daripada menangis mengingat perlakuan perempuan itu kepadanya. Saat berlari, ia justru menabrak Han Seo Joon (Hwang In Yeop) yang sedang kejar-kejaran dengan musuhnya.

Seo Joon, jika dilihat melalui tampilannya, tampak seperti berandal dengan rambut gondrong, motor besar dan helm. Ia sering menggunakan jaket kulit dan kebut-kebutan. Tidak disangka, Joo Kyeong juga mengikutinya dan membuat bunyi sirene polisi agar musuh Seo Joon tidak memukuli laki-laki itu. 

Ketika mereka sudah kabur, Joo Kyeong pun keluar dari persembunyian dan bertemu Seo Joon lagi. Di situ, ia justru gugup dengan Seo Joon dan berlari membawa helmnya. Ini juga membuat Seo Joon kehilangan helm.

Tidak disangka, Seo Joon justru satu sekolah dengannya di SMA Saebom. Bahkan, mereka berada di kelas yang sama. Ketika mereka bertemu di sekolah, Choi Soo A pun menceritakan tentang hubungan Sae Joon dan Su Ho. Keduanya adalah rival. Sebab, Su Ho adalah murip yang pintar dan tampan. Sementara Sae Joon adalah seorang berandal berhati lembut. Ketampanannya juga tidak kalah dengan Su Ho.

Kehidupan Su Ho juga mulai terkuak. Ibunya meninggal ketika ia masih kecil. Alih-alih mendapat perhatian dari bapaknya, Lee Joo Hun, si ayah justru memiliki selingkuhan setelah ditinggal mati ibu. Su Ho pun melihat perselingkuhan keduanya dan memilih untuk tidak mendekat kepada sang ayah. Ia lebih suka menyendiri dan tidak mau diganggu.

Menurutnya, sang ayah yang lama tinggal di luar negeri dan memilih kembali ke Indonesia hanya karena ingin mencari ketenaran lagi. Ayah Su Ho adalah aktor. Namun, seiring berjalannya waktu, ia mengembangkan bisnis dan menjadi lebih kaya. Diketahui, Su Ho juga melakukan olahraga jujitsu.

Karakter Kang Soo Jin belum terlalu jelas di episode ini. Hal ini lantaran belum ada konflik yang muncul. Selama dua episode, Kang Soo Jin hanya digambarkan sebagai perempuan cantik dan penuh rasa percaya diri. Ia cepat akrab dengan Joo Kyeong dan sering main berdua. Tidak tahu apakah Soo Jin betul baik atau tidak.

Nasib malang menimpa Joo Kyung, wajahnya terkena kue 100 hari jadian sahabatnya, Soo Ah. Joo Kyung ketakutan jika dia membasuh wajah, riasannya akan hilang. Dia berpikir teman satu kelasnya akan kembali merundung dia seperti di sekolah dulu. Namun Su Ho tiba menutupi wajah Joo Kyung dengan jas sekolah. Apakah Su Ho mulai mengetahui rahasia Joo Kyung?


Episode 3 - Su Ho Tahu Wajah Asli Joo Kyeong

Sebelumnya, Su Ho bertemu kembali dengan Joo Kyeong di kafe komik. Su Ho melihat Joo Kyeong sebagai gadis yang sama ketika berada di atap. Namun, Su Ho merasa kecewa karena Joo Kyeong sepertinya tidak mengingatnya. Di sisi lain, Joo Kyeong takut Su Ho mengenali wajah aslinya tanpa menggunakan riasan. Nah, pada episode ketiga ini, Joo Kyeong penasaran apakah sebenarnya Su Ho sudah mengenali bahwa gadis di kafe komik adalah dirinya.

Pada True Beauty episode 3, setelah Su Ho menyelamatkan Joo Kyeong dari teman-teman yang memperhatikan wajahnya saat terkena lemparan kue, Joo Kyeong penasaran apakah sebenarnya Su Ho sudah mengenali bahwa gadis di kafe komik adalah dirinya. Joo Kyeong dan Su Ho kembali bertemu di kafe komik. Di cafe ini Su Ho mengatakan hal yang membuat Joo Kyeong Khawatir. Su Ho mengatakan Joo Kyeong mengingatkan dia dengan seorang gadis yang dia kenal di sekolah.

Joo Kyeong pun tersentak, dia menjadi takut apakah Su Ho sudah menyadari bahwa mereka adalah orang yang sama. Ketika di sekolah, Joo Kyeong berusaha untuk menghindar dari Su Ho. Namun Su Ho menyadari akan hal itu. Dia menyadari bahwa Joo Kyeong terus berlari jika bertemu dengannya. Di balik sikapnya yang dingin, Su Ho mempersiapkan makan siang bersama di atap untuk Joo Kyeong. Meskipun tidak percaya dengan perilakunya yang menurut Joo Kyeong aneh, dia tetap menikmati momen berdua itu.

Seo Joon memiliki hubungan yang baik dengan kakak Joo Kyeong, Lim Hee Gyung (diperankan oleh Im Se Mi). Suatu hari, Seo Joon datang ke rumah Lim Hee Gyung yang pasti akan bertemu dengan Joo Kyeong di sana. Melihat ada Seo Joon di rumahnya membuat Ju Kyung tidak bisa berkutik. Dia tidak menyangka bahwa kakaknya mengenal Seo Joon dengan baik. Berusaha untuk menghindar, tetapi Ju Kyung justru terjatuh dari tangga dan membuat Seo Joon memperhatikannya.


Episode 4 - Teman Jadi Musuh, Su Ho Vs Seo Joon

Pada True Beauty episode 4, ketika Su Ho sedang berada di toko buku komik seorang diri, Joo Kyeong datang dan menghampirinya. Tidak seperti biasanya, ekspresi wajah Su Ho terlihat sedang memikirkan sesuatu namun tidak bisa dia ungkapkan. Karena hubungan antara Joo Kyeong dan Su Ho sudah membaik, Joo Kyeong menawarkan diri untuk menjadi tempat Su Ho untuk berkeluh kesah. Dia dengan senang hati mendengar semua permasalahan yang sedang Su Ho alami.

Seo Joon melihat kedekatan antara Su Ho dan Joo Kyeong tidak seperti hubungan pertemanan biasa. Dengan nada bicara yang dingin, Seo Joon ingin memastikan apakah Su Ho menyukai Joo Kyeong. Hubungan antara Su Ho, Joo Kyeong, dan Seo Joon menjadi topik pembicaraan yang hangat di sekolah. Para teman sekelas penasaran dengan hubungan ketiganya dan siapa yang akan di pilih oleh Joo Kyeong di antara dua pria terpopuler di sekolahnya.

Su Ho dan Seo Joon dulunya adalah teman dekat, tetapi untuk alasan yang misterius, mereka memiliki hubungan yang tegang dan konflik di masa sekarang. Pada cuplikan memperlihatkan sekilas konfrontasi emosional antara Lee Su Ho dan Han Seo Joon. Han Seo Joon mencengkeram kerah baju Su Ho, tapi Su Ho terlalu mati rasa karena kesakitan untuk melakukan apa pun. Su Ho akhirnya meneteskan air mata, dan wajah Han Seo Joon dibayangi oleh amarah dan kesedihan.

Joo Kyeong merasa risih dengan rumor yang terus beredar untuk menghentikan gosip di lingkungan teman-temannya, Joo Kyeong bertemu dengan seorang pria. Su Ho yang secara diam-diam mulai menunjukkan rasa ketertarikan pada Joo Kyeong tidak bisa membiarkan dia berkencan dengan pria lain. Ketika Joo Kyeong pergi menonton film, Su Ho mengikutinya. Tetapi, pergerakannya hampir disadari Joo Kyeong sehingga dia langsung memalingkan wajahnya dan bersembunyi.

Seo Joon kembali bertemu dengan Joo Kyeong di pusat keramaian. Saat keduanya sedang berbincang, sekumpulan orang datang untuk menangkap Seo Joon. Merasa dalam bahaya, dengan sigap Seo Joon bergegas pergi dan dia meraih tangan Joo Kyeong untuk mengajaknya berlari secepat mungkin agar tidak tertangkap oleh orang yang mengincar Seo Joon.