Sejak berpisah berpuluh-puluh tahun yang lalu usai perang dunia ke dua, Korea Utara dan Korea Selatan memiliki banyak hal yang sangat berbeda dan kontras. Mulai dari ideologi sampai sistem pendidikannya. Lantas apa saja perbedaan Korea Utara dan Korea Selatan?


Beberapa Perbedaan Korea Utara dan Korea Selatan


Setidaknya, ada 7 perbedaan yang dimiliki ke dua negara ini. Bahkan, beberapa di antaranya bisa diungkapkan sebagai langit di antaranya:


1. Ideologi Negara yang Berbeda


Hal pertama yang menjadi perbedaan kontras antara kedua negara ini adalah ideologi atau paham yang dianutnya. Korea Selatan menganut sistem kapitalis dan bersekutu dengan Amerika serikat. Sedangkan Korea Utara adalah komunis dengan tiongkok sebagai sekutunya.

Tentu perbedaan ini sangat jauh dan kontras, sehingga mereka sangat sulit untuk disatukan. Keduanya memiliki pemikiran yang berbeda terhadap bagaimana cara untuk menjalankan suatu negara.


2. Sistem Kepemimpinan


North Korean leader Kim Jong Un and South Korean President Moon Jae-in


Hal kedua yang membuat berbeda adalah sistem pemerintahannya. Korea Selatan menerapkan sistem demokrasi dimana pemimpin dipilih penuh oleh masyarakat. Sampai saat ini ada sekitar 11 kali pergantian, sehingga sekarang sudah presiden ke 12.

Sedangkan untuk Korea Utara, pemimpin dipilih dari penerus keluarga. Sampai saat ini sudah generasi ketiga dimana dipimpin oleh Kim Jong Un. Maka peran masyarakat tidak terlalu diperlukan dalam pemilihannya.


3. Perusahaan


Korea Selatan banyak menghasilkan brand-brand teknologi terkenal yang banyak kamu kenal sampai saat ini. Di antaranya yaitu Samsung, Hyundai, dan LG. Selain itu masih banyak industri terkenal lainnya.

Sedangkan di Korea Utara tidak ada perusahaan semacam itu. Hal ini karena adanya embargo ekonomi dari negara tersebut. Ekonominya lebih tertutup daripada korsel. Tapi industrinya banyak yang bergerak di bagian senjata tajam, tekstil, nuklir, dan amfetamin.


4. Lahan dan Tempat Tinggal Warga


Perbedaan Korea Utara dan Korea Selatan selanjutnya adalah mengenai lahan dan tempat tinggal warga. Di korsel, terdapat berbagai apartemen dengan harga dan fasilitas yang diberikan. Bahkan bisa mencapai harga 2 miliar untuk ukuran kecil. Tentu sangat fantastis harganya.

Namun berbeda dengan Korea Utara, meskipun jumlah penduduknya lebih banyak tapi biaya apartemen tidak menjadi masalah. Hal ini karena mereka memiliki sistem menggratiskan harga tempat tinggal untuk pasangan yang sudah menikah.


5. Pekerjaan dan Gaya Pakaian Penduduk


Di Korea Utara, masih banyak terdapat lahan sawah maupun kebun. Maka dari itu pekerjaan mereka adalah petani. Untuk gaya pakaiannya lebih tertutup dan sopan. Karena bahkan ada mitos bahwa warga harus mengenakan celana panjang dan hanya beberapa gaya rambut diperbolehkan.

Sedangkan untuk Korea Selatan, kamu tahu sendiri pekerjaan yang paling menjamur adalah industri hiburan. Selain itu masih banyak ragam variasi lainnya. Gaya pakaiannya pun lebih bebas dan terkena arus westernisasi.


6. Sistem Pendidikan


Sistem pendidikan dari kedua negara ini pun sangat berbeda. Di Korea Selatan, lebih terbuka dan bervariasi. Pelajaran untuk siswa di antaranya seperti matematika, sains, bahasa Korea, studi sosial dan bahasa inggris.

Sedangkan di Korea Utara sangat berbeda drastis. Terdapat beberapa mata pelajaran wajib yang harus dipelajari. Di antaranya yaitu studi politik Kim II Sung dan Bahasa Korea. Bahkan harus mempelajari Kim Jong Un selama 3 tahun. Hal ini agar tumbuh kecintaan terhadap negaranya.


7. Industri Hiburan


Tentunya kamu tahu bahwa banyak artis terkenal dari Korea Selatan yang sudah menjadi bintang internasional, baik itu dalam bernyanyi, menari, maupun berakting.

Sedangkan di Korea Utara sangat jauh berbeda. Mereka tidak terlalu tertarik mendalami dunia hiburan. Bahkan untuk stasiun tv di negara ini hanya terdapat tiga macam. Namun banyak yang penasaran akan hal tersebut.

Demikian perbedaan Korea Utara dan Korea Selatan yang perlu kalian ketahui. Semoga bisa menambah wawasan pembaca sekalian.