Beberapa waktu belakangan ini sedang muncul berbagai keresahan masyarakat akan adanya penipuan pinjaman online, yang merugikan banyak pihak bahkan mencapai puluhan juta atau di atasnya. Oleh sebab itu Anda harus lebih berhati-hati dengan memahami ciri-cirinya.


Ciri-ciri Penipuan Pinjaman Online

Penipuan pinjaman online sering terjadi, bahkan beberapa waktu terakhir meningkat secara signifikan akibat perekonomian yang menurun drastis. Jika terpaksa sebaiknya lakukan pemeriksaan sebelum memulai berlangganan, ada beberapa ciri khususnya. Berikut ulasannya:


Tidak ada Situs Resmi

Anda patut curiga apabila mendapati situs pinjaman online yang tidak memiliki situs resmi. Tentunya hal ini sangat tidak mungkin, sebab pelayanannya akan dilakukan setiap hari. Website yang mereka gunakan jenisnya adalah sementara dengan durasi beberapa jam.

Oleh sebab itu mereka akan terus mempengaruhi calon nasabah agar segera melakukan pengisian data dan mentransfer sejumlah uang. Segera lakukan pengecekan jika sudah merasa ada yang tidak beres, selanjutnya segera melaporkan kepada pihak berwajib untuk mendapatkan penanganan.


Tidak Ada Pilihan

Perusahaan peminjam umumnya akan menawarkan beberapa opsi pilihan yang ditujukan untuk memenuhi keperluan nasabahnya. Besaran serta syaratnya biasanya cenderung berbeda guna menunjang keamanan agar tidak merugikan antara satu dengan lainnya.

Pelaku phising seringkali membuat formulir secara singkat karena tujuan utamanya adalah tidak ingin mengetahui informasi dari calon pelanggan hanya saja berfokus untuk menarik minat. Selain itu mereka memaksa untuk Anda mengunggah foto selfie beserta KTP dan data vital lainnya.


Minta Informasi Ulang

Bagi Anda yang sedang ingin melakukan pinjaman online namun disuruh untuk melakukan pengisian data diri berulang kali maka segera lakukan tidak pencegahan. Hindari sampai meneruskannya. Hal ini sangat berbahaya untuk kode OTP dari berbagai sumber keuangan seperti ATM.

Tujuan dari hal ini adalah membuat para korban menjadi yakin bahwa platform tersebut asli dan profesional dalam bidangnya. Hindari langsung mempercayainya, langkah paling tepat adalah segera lakukan pengecekan di internet tentang keresmiannya.


Proses Cepat

Saat mengajukan pinjaman misalnya saja di bank, nasabah akan dimintai sejumlah persyaratan sebagai arsip untuk meminimalisir tindakan penipuan. Umumnya proses pertimbangan da pemeriksaan kelengkapan nya memerlukan waktu cukup lama.

Para pelaku penipuan akan mengirimkan informasi melalui alamat email yang berbatas waktu. Tujuannya demi melindungi dirinya agar tidak terdeteksi oleh keamanan cyber. Jika mendapatkannya hindari langsung menanggapinya, sebaiknya tunggu beberapa jam bahkan hari untuk pengecekan.


Nama Domain Tidak Sesuai

Domain website bisa menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui bahwa situs tersebut bodong atau asli. Cara mengetahuinya yaitu dengan menelusuri alamat email yang masuk di notifikasi pesan akun Gmail Anda. Periksa teliti dan jeli apakah ada unsur keanehan atau tidak.

Apabila domainnya menggunakan jenis gratis seperti xyz, blogspot, atau lainnya sebaiknya Anda mencurigainya. Perusahaan profesional tentu menggunakan jenis berbayar karena ada banyak fitur unggulan di dalamnya. Manfaatnya untuk menunjang kinerjanya agar lebih maksimal.


Pengiriman Mencurigakan

Apabila setelah Anda mengajukan pinjaman mendapatkan email mencurigakan dari alamat yang tidak dikenali maka sebaiknya hati-hati. Bisa jadi hal ini sebagai tanda bahwa situs tersebut adalah penipuan online. Oleh sebab itu hindari meresponnya dan sebaiknya laporkan atau biarkan.

Jangan berikan data diri Anda apalagi jika meminta kelengkapan berupa nomor KTP (Kartu Tanda Penduduk) maupun KK (Kartu Keluarga). Ditakutkan nantinya akan mengakibatkan penyalahgunaan oleh pihak tidak bertanggung jawab dan akhirnya menimbulkan masalah baru. .


Kualitas Ketikan

Setelah mendapatkan rekapan data dari perusahaan mengenai beberapa hal, periksa terlebih dahulu tatanan pengetikannya, pada umumnya jika sudah profesional mata terlihat rapi dan terperinci. Proses ini bisa ditujukan untuk mendapatkan data penting seperti kode OTP akun keuangan dan password.

Dengan mengetahui semua data pribadi Anda maka bukan tidak mungkin akan dilangsungkan pembobolan. Karena Dilakukan langsung oleh ahlinya, pelacakannya akan lebih sulit karena menggunakan berbagai trik agar sulit untuk dilacak pihak keamanan cyber.


Mengabaikan Riwayat Pinjaman Sebelumnya

Setiap kreditur akan memeriksa riwayat peminjaman sebelumnya untuk mengetahui bagaimana tanggung jawabnya. Apabila sudah terlalu banyak, maka biasanya tidak diberikan pinjaman atau kapasitasnya dibatasi. Mereka akan melakukan penelitian secara rinci dari daftar histori

Sedangkan untuk pinjaman online bodong, mereka hanya akan memberikan iming-iming dengan penawaran menarik agar calon korbannya tertarik. Ciri ini sebenarnya sudah sangat terlihat, hanya saja tidak semua orang mengetahuinya untuk itu tetap berhati-hati.


Meminta Sejumlah Uang Sebagai Salah Satu Persyaratannya

Ciri paling umumnya untuk mengenal pinjaman abal-abal adalah dengan melihat apakah mereka meminta uang muka atau tidak. Pada dasarnya jika melakukan kredit di bank sebagian besar tidak mensyaratkan pemberian sejumlah uang muka karena tujuannya adalah membantu.

Jika ini terjadi kepada Anda, jangan memberikannya uang sedikitpun karena bisa jadi termasuk penipuan. Meskipun bank atau layanan keuangan lainnya meminta sejumlah uang, seringkali nominalnya sedikit yang digunakan untuk administrasi selama memprosesnya.


Terasa Adanya Paksaan

Tujuan dari penawaran pinjaman palsu adalah mencari korban sebanyak-banyaknya tanpa memperhatikan kerugian yang nantinya akan mereka tanggung. Penawarannya sendiri malah terkesan seperti memaksa dengan memberikan berbagai janji dan bukti palsu.

Seringkali masyarakat terpengaruh arena iming-iming demikian, alhasil mereka dengan mudah melancarkan aksinya. Salah satu cirinya adalah biasanya pelaku akan terus mengejar calon korbannya misalnya dengan memberikan informasi, SMS, atau telpon untuk meyakinkan.


Hal Wajib yang Harus Dilakukan Seorang Debitur

Meminjam uang secara online tidak bisa Anda lakukan secara sembarangan, karena saat ini sudah banyak terjadi penipuan. Para korban dimintai sejumlah uang dengan nominal sesuai kesepakatan kemudian situsnya tiba-tiba menghilang. Berikut ulasannya:


Kenali Mekanisme dan Cara Kerja Pinjaman Online

Mengenali mekanisme pinjaman online bisa menjadi penentu keresmiannya. Sebelumya sebagai calon peminjam, lebih baik mempelajari dasar tata cara untuk melakukan pinjaman. Agar lebih vali Anda bisa langsung konsultasi kepada teman atau ahlinya.


Cari Informasi Lengkap Lembaga Keuangan atau Penyedia Pinjaman

Situs resmi yang digunakan oleh penyedia jasa pinjaman online seringkali akan menyajikan berbagai macam data bahkan lisensi. Anda bisa memastikannya dengan melakukan pelacakan alamat kantornya di Google maps atau langsung menuju tempatnya.


Jangan Lupa Memverifikasi

Tujuan dari verifikasi adalah untuk memberi peringatan kepada pihak penyedia layanan agar bisa ditindak tegas jika benar melakukan penipuan. Anda bisa mengumpulkan semua data digital sebagai bukti pelaporan. Proses lanjutan akan dilakukan oleh pihak Google.


Kenali Layanan dan Keresmiannya

Setiap peminjam tidak hanya menyajikan satu jenis layananan saja melainkan beberapa dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Sedangkan dari sisi keresmian bisa dilihat dari informasi yang mereka sajikan.

Demikian penjelasan mengenai penipuan pinjaman online yang perlu Anda ketahui untuk meningkatkan kewaspadaan agar tidak sampai tertipu. Banyaknya layanan abal-abal seringkali membawa keresahan dan merugikan khalayak secara luas.