Advertisement

Main Ad

Makna Dibalik Film Parasite yang Penting untuk Diketahui

Apakah kamu pecinta industri hiburan dari korea? Belakangan ini terdapat suatu drama yang begitu booming karena mendapatkan penghargaan oscar yaitu "Parasite”. Namun bagi yang belum nonton, pastinya belum paham akan makna di balik film parasite yang sangat fenomenal.


Beberapa Makna di Balik Film Parasite

Memang semua film memiliki makna yang terkandung di dalamnya. Namun berbeda dengan film Parasite ini, setidaknya ada 6 hal yang tersirat yaitu:


Perbedaan Orang Kaya dan Orang Miskin pada Rumah yang Dimiliki


Pada scene tangga film parasite, ditampakkan bahwa orang kaya ketika memasuki rumah harus menaikinya. Sedangkan berkebalikan dengan si miskin harus menuruninya untuk bisa sampai ke tempat hunian. Tentu ini sangat syarat akan makna dan simbol.

Orang miskin memiliki rumah yang bisa dibilang tidak layak. Berada di kelas sosial rendah membuat hal itu terjadi, pada lingkungan kumuh dan tidak terjamin.

Sedangkan berkebalikan, si kaya berada jauh di atasnya. Dengan fasilitas yang mumpuni serta jauh dari hal buruk.


Kerja Keras dan Orang Dalam

Hal kedua yang ingin disinggung dalam film parasite ini adalah mengenai kerja keras dan orang dalam. Ini terlihat dari scene Kiwo melamar pekerjaan di rumah orang kaya. Banyak usaha yang dia lakukan. Meliputi portofolio, nilai bagus, bahkan menggunakan nama universitas ternama.

Namun justru nyonya dari rumah tersebut berkata bahwa dia tidak mempedulikan kertas-kertas tersebut. Seharusnya Kiwo hanya perlu meminta rekomendasi dari Minhyuk jika ingin diterima.

Tentu hal ini menandakan bahwa stigma di masyarakat tentang orang dalam masih sangat kental berlaku.


Perbedaan Baiknya Orang Kaya dan Miskin

Makna dibalik film parasite selanjutnya yaitu megenai sikap baiknya orang berdasarkan hartanya. Ini tampak nyata saat adegan makan si miskin dimana ada yang berkata "Mereka kaya tapi tetap baik", namun justru yang lainya menyauti "Mereka seperti itu karena berharta."

Hal ini memiliki arti bahwa bagi orang kaya, akan lebih mudah untuk melakukan kepada setiap orang maupun hal lainnya.

Sedangkan untuk golongan kurang berada, bisa bertindak segala sesuatu di luar batas kewajaran karena kerasnya hidup yang dijalani.


Arti Hujan untuk Orang Kaya dan Miskin

Makna selanjutnya yaitu ditampilkan ketika scene hujan. Pada adegan tersebut, orang kaya yang berada di dalam mobil beralasan pada orang ditelpon karena terjebak dalam keadaan itu.

Bagi kalangan berada, hal tersebut hanya menjadi alasan tidak melakukan kegiatan. Sedangkan lain halnya bagi orang miskin. Turunnya hujan bisa menjadi suatu hal buruk bahkan malapetaka untuk mereka.

Bagaimana tidak, akan terjadi banjir yang menggusur tempat tinggal dan harus mengungsi atau menunggu reda. Maka keberadaannya sperti sangat tidak diharapkan.


Makna Batu yang Dimiliki Keluarga Miskin

Keberadaannya banyak menampilkan suatu simbol interpretasi explisit dari penonton. Dalam poster, digambarkan seakan sedang beradu dengan air laut. Menandakan suatu keinginan untuk bisa kaya dan keserakahan.

Di scene banjir, batu tersebut mengambang. Ada yang mengartikan bahwa kemiskinan akan terus mengikutinya kemanapun dia berada. Ini menandakan ketidakberuntungan selalu mengikuti kemanapun keluarga Kiwo, sehingga di poster pun ada.


Orang Kaya Tidak Mempedulikan Orang Miskin

Ada juga masalah perihal ketidakpedulian orang kaya terhadap si miskin. Ini disimbolkan dengan berbagai metafora dan simbol yang ada pada adegan di dalamnya. Salah satunya adalah pada scene sembunyi di bawah meja.

Scene tersebut diartikan sebagai orang kelas atas tidak peduli dengan si miskin. Dalam adegan film tersebut pun ada ketika putri Ki-Taek sekarat, namun keluarga kaya masih menyuruhnya untuk melakukan berbagai hal. Suatu bukti ketidakpedulian yang ditampilkan nyata.

Pastinya, kamu sudah ada gambaran dengan beberapa makna dibalik film parasite di atas. Namun untuk lebih jelasnya, silahkan tonton saja ya..! Film ini memang sangat layak diapresiasi.




Posting Komentar

0 Komentar