Comeback dengan single bertajuk Dynamite, BTS catat sejarah paling membanggakan. Tak main-main, single Dynamite BTS berhasil merajai tahta tertinggi di Billboard Hot 100 selama kurang lebih dua minggu.

Billboard Hot 100 merupakan platform music yang di dalamnya terdapat tangga lagu populer dari seluruh penjuru Amerika. Peringkat ini akan dihitung dengan banyaknya streaming, penjualan dan pemutaran di radio.

Tercatat, single Dynamite telah mendapat hasil streaming dengan angka yang menembus hampir 17, 5 juta di AS. Lagu ini juga mencapai 16 juta kali pemutaran di radio.

Ia juga menjadi lagu yang laris terjual dengan total 18 ribu (unduhan) dalam dua pekan dalam empat tahun terakhir.

Prestasi ini juga sekaligus membuat BTS menjadi boyband asal Negeri Ginseng pertama yang duduk di tangga no 1 dari Billboard Hot 100.

Ia sebelumnya juga telah berhasil berada di tangga no 4 Billboard Hot 100 dengan single ON di pembuka tahun 2020.

Atas suksesnya lagu debut BTS ini, para member merasa bersyukur dan berterima kasih atas dukungan para fans yang disebut dengan Army.


Fakta menarik di balik lagu single Dynamite BTS


Dynamite rilis pada tanggal 21 Agustus 2020 yang tak hanya sarat akan prestasi menakjubkan. Single ini juga membawa fakta menarik.

Salah satunya, ia dibuat seolah sebagai kado ulang tahun untuk salah satu membernya Jungkook.

Seperti yang diketahui, salah satu maknae (member termuda) di BTS ini baru saja berulang tahun yang ke 23. Dengan demikian, adanya lagu Dynamite ini seolah menjadi kado terindah untuk dirinya.

Fakta lain adalah single dengan genre disco ini berhasil memecahkan rekor sebagai lagu dengan viewer terbanyak di Youtube. Tercatat, hanya dalam 24 single Dynamite telah disaksikan lebih dari 101, 1 juta dalam kurun waktu 1x24 jam.

Boyband yang digawangi Kim Namjoon (RM) ini juga berhasil berada di posisi aman dalam 40 tangga musik di POp Songs Radio Airplay. Ia naik hingga duduk di posisi 18 setelah sebelumnya berada di nomor 20.

Dengan pencapaian ini secara otomatis BTS menjadi salah satu musisi pertama yang berhasil meraih pencapaian tersebut. Padahal menurut pengakuan para membernya lagu ini sebenarnya tak masuk dalam daftar rilis.


Mempengaruhi perekonomian Korea Selatan


Berbagai sumber mengatakan bahwa berbagai pencapaian dari lagu Dyanimate membawa dampak besar untuk Korsel. Khususnya dalam bidang perekonomian yang notabene saat ini sedang di masa sulit.

Dengan bertenggernya lagu ini di papan Billboard telah memberikan efek sekitar 1,7 triliun untuk perekonomian Korea Selatan. Dengan pencapaian ini BTS juga berhasil membuat setidaknya 8000 lapangan pekerjaan baru.

Angka ini dihitung dari total gabungan pendapatan dari agensi dalam ini Big Hit Ent. dengan Google trend, bea cukai dan statistic bank sentral.

Menurut laporan ini juga BTS juga diprediksi akan mendapatkan kurang lebih 245, 7 miliar won dari total penjualan lagu secara global.

Bahkan BTS juga diprediksi dapat mempengaruhi penjualan seperti ekspor barang konsumsi baik makanan maupun kosmetik. Angka ini masih diluar dari sektor pariwisata yang saat ini lesu akibat pandemi Covid 19.

Terakhir, pencapaian single Dynamite BTS ini telah mendapatkan apresiasi salah satunya dari orang nomor satu di korea selatan. Presiden Moon Jae-in memberikan ucapan selamat kepada boyband dengan tujuh member tersebut.