Jika Kamu sudah hafal dengan berbagai boyband atau girlband di Korsel, sudahkah mengenal Agensinya? Ternyata terdapat beberapa agensi K-Pop paling populer di Korea Selatan. Bahkan, namanya sudah dikenal di berbagai negara tetangga.

Tanpa basa-basi lagi dan tanpa membuat penasaran. Langsung saja, berikut uraian lengkapnya mengenai Agensi K-Pop di Korea Selatan.


1. Big Hit Entertainment


Perusahaan ini dipimpin oleh Yoon Seok-Jun. Berhasil sukses di antaranya berkat kehadiran dari BTS yang memiliki kepanjangan Bangtan Sonyendan atau terjemahan dari Bulletprof Boy Scouts. Selain itu, TXT, TOMORROW X TOGETHER juga merupakan anak asuh Big Hit Entertainment.

Perusahaan Big Hit Entertainment ini mampu menggeser posisi teratas dari JYP dan SM Entertainment. Perkiraan Kapitalisasi pasarnya mencapai USD 8,1 miliar. Pengikut mereka di sosial media pun sangat banyak, seperti Instagram yang sampai pada 22, 1 juta.


2. JYP Entertainment


Agensi selanjutnya pada posisi kedua yaitu JYP Entertainment. Perusahaan ini didirikan oleh J.Y. Park yang merupakan salah satu artis terkenal tahun 90-an pada tahun 1997. Anak asuhnya yang paling terkenal saat ini yaitu girl band TWICE. Fokus utamanya lebih banyak ke jepang.

Selain itu, anak asuh JYP Entertainment yang lain adalah 2PM, TWICE, GOT7, Miss A, DAY6, 15&, Stray Kids, Jus2, JJ Project, ITZY, 3Racha, dan Yubin. Perkiraan kapitalisasi pasarnya mencapai angka USD 1 Miliar pada tahun 2020.


3. SM Entertainment


Agensi K-Pop paling populer di Korea Selatan selanjutnya yaitu SM Entertainment. Siapa yang tidak mengenalnya? Melahirkan girl band legendaris sejak tahun 2000-an yaitu Girl’s Generation dan Super Junior. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1989 oleh Lee So-Man di Seoul.

Selain itu anak asuh dari agensi SM Entertainment yang tak kalah terkenalnya adalah EXO, SNSD, Red Velvet, NCT, SHINee, fx, dan TVXQ dan si solois BoA. Selain mendebutkan superstar, perusahaan ini juga mengembangkan bisnis ke manajemen aktor, aplikasi digital, dan banyak lagi.




4. Stone Music Entertainment


Selanjutnya yaitu ada agensi K-Pop Stone Music Entertainment. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1994 di bawah naungan CJ ENM yang merupakan penerbit terbesar di korea selatan. Dua artis kamulannya antara lain IZONE dan Fromis_9.

Beberapa anak asuh stone music entertainment lainnya yaitu : Off The Record (IZONE Fromis_9), MMO (Kim Feel, IN2IT, Soo Ho-young, LM (Yo Ji-Sung) Studio Blue (Heize, DAVII, $ammy, Truedy,Mia), Sing (X1, Kim Jae-hwan). Perkiraan kapitalisasi pasarnya mencapai USD 300 Juta.


5. Woolim Entertainment


Sebelumnya perusahaan ini bergabung dengan SM Entertainment pada tahun 2013. Namun resmi berpisah pada tiga tahun setelahnya. Sekarang telah menjadi agensi independen. Salah satu anak asuh yang paling terkenal yaitu INFINITE dan Lovelys.

Selain itu anak asuh lainnya dari Woolim Entertainment yaitu: JOO, Golden Child, Kim Sung-Kyu, Rocket Punch, Nam Woo-hyun, Jang-Dong-woo, dan Infinite F. Bahkan sekarang mereka mengakusisi Takahashi, Juri dari grup idola AKB48 yang akan debut dalam album barunya.


6. YG Entertainment


YG Entertainment didirikan pada 1999 oleh Yan Hyun-suk. Sempat populer dalam beberapa dekade, akhir-akhir ini menurun karena terkait beberapa skandal yang dialaminya.

Namun sekarang YG Entertainment berusaha bangkit dengan beberapa anak asuhnya, yang paling terkenal yaitu Black Pink. Selain itu terdapat lainnya di antaranya : Bing Bang, iKon, Treasure, G-Dragon, MOBB, Magnum, Dara, Lee Hi, Jennie, Hi Suhyun, Taeyang, Mino, Jinu, T.O.P, CL, Yoon.

Setelah mengetahui siapa saja agensi K-Pop paling populer di Korea Selatan, pastinya Kamu tidak akan penasaran lagi. Semoga tulisan ini bermanfaat dan membantu.