Bagi kamu pecinta Kdrama pasti sering deh dengerin kosakata bahasa Korea yang kerap diucapkan oleh para pemain. Nah sebenarnya apa saja sih kosakata Korea yang familiar di K-drama? yuk cari tahu.


Kosakata yang sering diucapkan dalam drama Korea


Langsung saja, berikut ini beberapa kalimat yang sering banget muncul di adegan percakapan Kdrama. Kamu mungkin sudah hafal banget.


Omo

Dalam bahasa Korea omo digunakan untuk mengungkapan perasaan heran ataupun terkejut. Kata ini juga sering banget diucapkan dalam dialog drama Korea.


Aigo

Jika omo untuk menunjukkan sikap terkejut, maka aigo berguna ketika tokoh peran merasa sedang kecewa. Aigo juga menjadi simbol kepasrahan terhadap sesuatu hal yang dialaminya.


Annyeong

Annyeong merupakan bentuk kata yang sangat sering diucapkan dalam adegan drama korea. Kata ini merupakan bentuk sapaan yang artinya adalah “hai” atau “hallo”.


Daebak

Selain omo, daebak rupanya juga masuk dalam kata-kata terkejut dalam bahasa Korea. Namun ia lebih kepada sebuah kekaguman pada sesuatu hal.

Seperti contohnya, terkejut akan karena mendapatkan nilai tertinggi atau berhasil masuk Universitas. Daebak dalam artian bahasa Indonesia bermakna wow, keren ataupun hebat.


Gwaenchana

Kamu tentu sering melihat adegan sedih atau sakit yang lawan mainnya kemudian mengucapkan kata gwaenchana. Nah, dalam bahasa Indonesia kata ini mengandung arti menanyakan kondisi dari si lawan bicara.


Ye atau ne

Kata ini merupakan bentuk persetujuan terhadap sesuatu yang telah menjadi kesepakatan. Dalam artian bahasa Indonesia, ne atau ye berarti setuju atau ya baiklah. Nah, sedangkan untuk kata kebalikannya adalah anio yang bermakna tidak menyetujui.


Wae?

Kata ini tergolong informal yang mengandung arti “mengapa” atau “kenapa”. Kata Wae juga sering muncul di adegan K-drama saat si pemain menanyakan hal tertentu kepada si lawan main.


Gwiyeow

Kata yang satu ini sebagai ungkapan gemas terhadap sesuatu yang disukai. Ungkapan ini juga untuk menunjukkan ketertarikan terhadap sesuatu yang terlihat lucu atau menggemaskan.


Michyeosseo

Michyeosseo artinya sebuah ungkapan yang menunjukkan kekesalan terhadap sesuatu. Kata-kata ini sering dilontarkan tokoh ketika ia sedang marah atau kesal.


Babo-ya

Babo-ya ini maknanya lebih ke umpatan kasar yang artinya idiot atau bisa juga bodoh. Dalam dialog drama Korea, babo sering diucapkan ketika tokoh kesal dengan tingkah konyol si lawan main.


Wenyeol

Kata ini sebagai bentuk pengungkapan kekesalan ataupun saat kaget. Ia merupakan kata seru yang dulunya sering digunakan dalam adegan percakapan drama Reply 1988.


Jinjja

Nah, kata yang satu ini kamu pasti sudah sangat familiar sekali kan. Ia digunakan dalam berbagai dialog K-drama sebagai bentuk ungkapan kebenaran. Dalam bahasa Indonesia jinjja berarti benarkah, sungguh, atau masa.


Gaja

Kata ini sering digunakan tokoh untuk mengajak si lawan bicara untuk pergi ke sebuah tempat. Dalam kata bahasa Indonesia, ia memiliki arti ayo, yuk ataupun kuy. Selain gaja, juga ada bbali yang memiliki arti untuk menyuruh melakukan hal lebih cepat lagi.


Arasseo

Lalu, terakhir ada kata arasseo yang juga sering diucapkan dalam adegan drama Korea. Arti arasseo dalam bahasa Indonesia adalah paham atau mengerti tentang apa yang sedang dijelaskan.

Nah, itulah tadi 14 kosakata Korea yang familiar di K-drama yang perlu kamu ketahui. Gimana? familiar banget kan. Drakor Addict wajib banget tahu nih.